Tugu Jong Sumatranen Bond, Saksi Sejarah Gerakan Pemuda di Sumatera yang "Tenggelam" di Kota Bingkuang (Bagian 2)

"Hasil musyawarah itu kemudian ditindaklanjuti pemuda kedaerahan. Pada Minggu, 9 Desember 1917, para pemuda sumatera yang berada di Jakarta mendirikan Jong Sumatranen Bond di Gedung Volkslectuur Weltevreden Batavia (sekarang Gedung Balai Pustaka Jakarta) dengan jumlah anggota sebanyak 100 orang"
Tugu Jong Sumatranen Bond (KLIKPOSITIF / Ocky Anugrah )

PADANG, KLIKPOSITIF -- Tugu Jong Sumatranen Bond merupakan saksi sejarah gerakan para pemuda di Sumatera. Tugu yang didirikan pada pertengahan 1919 itu, berada di Jalan Gereja, Kota Padang, tepatnya di sebalah selatan Hotel Grand Inna Muara.

Dulunya, Tugu Jong Sumatranen Bond merupakan tempat berkumpul para tokoh-tokoh muda Indonesia. Bahkan, Bung Hatta ketika baru pulang dari Negeri Belanda, selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke tugu tersebut.

BACA JUGA: Tugu Jong Sumatranen Bond, Saksi Sejarah Gerakan Pemuda di Sumatera yang "Tenggelam" di Kota Bingkuang (Bagian 1)

Pemerhati sejarah Kota Padang Kapten CPM KGP Arifin BA mengatakan, Tugu Jong Sumatranen Bond merupakan tugu peringatan pertama yang dibangun di Kota Padang dan tugu ini mungkin satu-satunya tugu tertua yang merupakan lambang persatuan bangsa yang didirikan untuk memperingati awal berdirinya organisasi kepemudaan di nusantara.

Kapten Arifin menceritakan pada 7 Maret 1915, di Gedung Pertemuan Budi Utomo STOVIA (School Tot Opleiding Van Indische Arsten) Jakarta, sekarang Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, para pemuda menggelar musyawarah dan sepakat mendirikan organisasi pemuda atas dasar kecintaan pada tanah air.

Hasil musyawarah itu kemudian ditindaklanjuti pemuda kedaerahan. Pada Minggu, 9 Desember 1917, para pemuda sumatera yang berada di Jakarta mendirikan Jong Sumatranen Bond di Gedung Volkslectuur Weltevreden Batavia (sekarang Gedung Balai Pustaka Jakarta) dengan jumlah anggota sebanyak 100 orang.

Pada 1918, jumlah anggota Jong Sumatranen Bond meningkat menjadi 500 orang yang tergabung dalam afdeeling (cabang) Perhimpunan Jakarta, Bandung, Bogor, Serang, Sukabumi, Purworejo, Padang dan Bukittinggi.

Pada rapat tahunanan ... Baca halaman selanjutnya