SOSOK MULYADI, Ahli Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat

"Tanpa PNPM MPd, mungkin kami sulit mendapatkan air bersih. Kini air bersih sudah tersedia dengan culup. Terima kasih, PNPM Mandiri Perdesaan"
Anggota DPR dari Demokrat, H. Mulyadi. (ist)

KLIKPOSITIF - Tak terbayang oleh masyarakat Kenagarian Guguak Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman, suatu ketika nanti mereka menikmati air bersih. Mereka sangat mengimpikan air bersih untuk hidup.

Tapi itu bukan sekadar mimpi. PNPM Mandiri Perdesaan (PNPM MPd) datang, impian masyarakat setempat mengharapkan air bersih jadi kenyataan pada 2011. PNPM MPd mengubah kehidupan masyarakat setempat.

"Tanpa PNPM MPd, mungkin kami sulit mendapatkan air bersih. Kini air bersih sudah tersedia dengan culup. Terima kasih, PNPM Mandiri Perdesaan," kata Pak Ujang, suatu ketika.

Lain lagi yang dialami masyarakat Kampung Tongah, Kenagarian Tanjuang Maua, Kecamatan Mungka, Agam. Mereka tidak tanggung bahagianya setelah jalan rabat beton dibangun di sana pada 2010 silam.

Berkat jalan itu, lahan yang tadinya tidur dan tidak bisa diolah kini bisa dimanfaatkan sebagai sumber ekonomi. "Alhamdulillah. Itu karena PNPM MPd ada di kampung kami. Lahan tidur bisa diolah masyarakat sebagai sumber ekonomi karena akses sudah terbuka," kata Widiawati, warga setempat.

Itu baru dua lokasi di dua kabupaten. Belum lagi di ratusan nagari lain di 12 kabupaten di Sumbar. Ya, PNPM MPd telah mengubah kehidupan masyarakat di kenagarian. Berbagai infrakstuktur di kenagarian juga sukses dibangun.

Program yang mengedepankan aspek pemberdayaan masyarakat ini, juga dipuji dunia internasional dan kini tetap berlanjut dengan nama Dana Desa. Meski ada beberapa hal yang berbeda dan dikembangkan, tapi tetap menonjolkan aspek pemberdayaan masyarakat.

Lantas, siapa yang mendisain program yang kental dengan nilai-nilai pemberdayaan masyarakat itu? Sebab, banyak aktivis pemberdayaan masyarakat menilai, jika pola-pola pemberdayaan masyarakat diterapkan dalam pembangunan di bidang apa pun, optimis suatu daerah akan maju pesat. Ini tentu berimplikasi kepada daerah dan republik ini.

Anggota DPRD Sumbar Nurnas menyebut orang ... Baca halaman selanjutnya